10 Nov 2015

[Phonology] Phonetics

Di post sebelumnya sudah dibahas tentang phonology yang merupakan cabang dari linguistics. Nah, sekarang waktunya membahas tentang phonetics yang mana merupakan cabang dari phonology. Cabang bercabang lah ini judulnya :D

Sepertii yang sudah disampaikan bahwa phonetics adalah ilmu tentang segala jenis possible speech sound, bisa juga dikatakan sebagai scientific study of speech. (maafkan bahasa yang campur-campur ya :D ) Dalam cakupannya, banyak hal yang perlu kita ketahui dalam cabang ilmu ini, antara lain:

1. Bagaimana speech sounds diproduksi
2. Bagaimana speech sounds digunakan dalam ujaran
3. Bagaimana kita dapat menuliskan speech sounds dalam simbol-simbol
4. Bagaimana kita dapat membedakan dan mengenali suara yang berbeda

Phonetics sendiri dibagi lagi menjadi 3 cabang:
1. Articulatory phonetics 
Mempelajari tentang bagaimana vocal organs membantu memproduksi speech sounds. Di sini, kita akan mengerti bagaimana menggunakan organ kita untuk memproduksi suara yang tepat. Organ yang terlibat di sini antara lain lidah, tenggorokan, rahang, gigi, bibir, dan beberapa bagian mulut lainnya. Dengan melakukan kombinasi yang tepat antar organ tersebut, kita akan mampu menghasilkan pelafalan suatu huruf atau kata dengan tepat.

2. Acoustic phonetics 
Mempelajari tentang physical properties seperti frekuensi dari getaran yang diakibatkan oleh suara yang diproduksi, serta intensitas seperti loudness dari produksi suara itu sendiri. Pada dasarnya cakupan acoustic phonetics ini lebih erat kaitannya dengan bidang keilmuan lain seperti matematika, fisika, fisiologi, psikologi dan bidang lainnya.

3. Auditory phonetics 
Mempelajari tentang bagaimana kita mengartikan atau mempersepsikan speech sounds tersebut. Yang dimaksud dengan mengartikan di sini adalah mengartikan sinyal yang ditangkap oleh otak berupa suara sehingga kita dapat membedakan suara satu dengan lainnya mealui proses tersebut. Dalam hal ini, kita memerlukan latihan yang cukup untuk dapat mencapai tingkat di mana kita, dengan mudah, mampu membedakan suara yang ditangkap oleh telinga kita.

0 comments :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons