5 Apr 2016

Edensor

Edensor, dilafalkan sebagai /'ɛnzə:/ ~ enzer (dengan r samar) adalah sebuah desa di kawasan Derbyshire, Inggris. Desa kecil ini berlokasi di kawasan the Chatsworth House yang merupakan hunian dari the Cavendish Family sejak tahun 1549. Bagi orang Indonesia, Edensor sangatlah familiar dan dikenal melalui buku karya Andrea Hirata yang mengangkat nama desa ini sebagai judulnya. Namun ternyata, hampir sebagian besar masyarakat Inggris tidak mengetahui atau bahkan pernah mendengar tentang desa ini. Jujur, saya sendiri belum sempat membaca Edensor, namun saya cukup penasaran dengan desa ini. Beberapa hari lalu, dengan bermodalkan GPS dan rute bus yg disediakan di kota Sheffield, saya pun bertolak ke daerah Peak District di mana Edensor ini berada. Memang, lokasi desa ini sangat dekat dengan the Chatsworth House yang merupakan tujuan utama para turis. Saya pun menjelajah the Chatsworth House terlebih dahulu (walaupun tidak sampai masuk karena tiket masuknya yang sangat mahal :p ). Setelah itu, saya menuju ke Edensor dan mencari tempat-tempat iconic yang dijadikan ilustrasi latar dari cover buku Edensor. Saya pun menemukan sebuah gereja dan jembatan yang menjadi latar dalam cover buku tersebut. Kesan suram yang terdapat dalam cover buku itu sama sekali tidak tercerminkan pada kondisi Edensor yang sebenarnya (mungkin karena memang kesan itu yang ingin dimunculkan oleh Andrea Hirata). Edensor merupakan desa kecil yang sangat hijau dengan beberapa rumah yang bagi saya bentuknya lucu-lucu :D. Banyak domba berkeliaran di padang rumput sekitarnya, juga terdapat sungai yang jernih yang secara tidak langsung menjadi pembatas antara desa Edensor dengan the Chatsworth House. Beruntung hari itu cuaca di Edensor sangatlah cerah dan hangat sehingga pemandangan yang ditawarkan pun semakin memikat :). Setelah membaca sedikit sinopsis dari buku Edensor, saya pun mendapat gambaran bahwa buku ini bercerita tentang perjalanan seorang anak dan kawannya yang mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan sekolah di Eropa. Saya pun berinisiatif untuk mengambil gambar ini dan berharap agar dapat memberikan semangat kepada teman-teman di bawah naungan almamater yang sama untuk selalu berani bermimpi dan berusaha untuk mewujudkannya :)
Semoga hadiah atau oleh-oleh kecil dari saya ini mampu sedikit memicu semangat teman-teman semua untuk berusaha sebaik mungkin dalam menyelesaikan jenjang pendidikan yang dijalani saat ini dan mewujudkan segala mimpi yang dimiliki.
Sedikit kutipan dari buku Edensor, "Pengalaman yang sama dapat menimpa siapa saja, namun sejauh mana, dan secepat apa pengalaman yang sama tadi memberi pelajaran pada seseorang, hasilnya akan berbeda."
Teruslah berusaha karena kita tak pernah tahu sejauh apa usaha yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan kita :)
Tak ada usaha yang luput dari pandangan Allah dan tak ada doa yang luput dari pendengaranNya.
Salam,
Navila Roslidah

Alumna Pendidikan Bahasa Inggris, FBS, Universitas Negeri Surabaya

0 comments :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons