11 Dec 2013

IBUK, - Iwan Setyawan



"Hidup adalah perjalanan untuk membangun rumah untuk hati. Mencari penutup lubang-lubang kekecewaan, penderitaan, ketidakpastian, dan keraguan. Akan penuh dengan perjuangan. Dan itu yang akan membuat sebuah rumah indah."
- Iwan Setyawan, Ibuk,


Ibuk,
Ya, buku ini memang menceritakan tentang kisah perjuangan seorang ibu dengan lima orang anak (empat anak perempuan dan satu anak laik-laki) dan seorang suami yang berprofesi sebagai sopir angkot.

Ibuk, seorang gadis yang berjualan baju di pasar, jatuh cinta dengan Bapak yang hanya seorang kenek angkot pada saat itu. Mereka akhirnya menikah dan dikaruniai lima orang anak. Kelima anak ini merupakan motivasi terbesar Ibuk dan Bapak. Bapak pun akhirnya mampu membeli angkot bekas dan menjadi sopirnya, tanpa harus bekerja ikut orang lagi.

Walaupun hidup dalam kesederhanaan, bahkan bisa dibilang kekurangan, Ibuk tidak pernah kenal lelah selalu berusaha agar anak-anaknya tak bernasib seperti dirinya. Ibuk ingin semua anaknya bisa bersekolah setinggi-tingginya. Terkadang, untuk membiayai keperluan anaknya bersekolah, Ibuk harus berhutang demi anak-anaknya. Bersyukur, anak-anaknya merupakan anak-anak yang pandai, rajin, dan mengerti keadaan orang tuanya. Walaupun sebutir telur harus dibagi tiga untuk mereka makan, mereka tidak pernah mengeluh.

Setiap detil kisah dalam buku ini memang mengharukan, perjuangan Ibuk dan Bapak, bakti anak-anak mereka, dan akhir yang memang tak pernah disangka, bahkan oleh keluarga mereka sendiri.
Buku ini merupakan kisah nyata sang penulis yang merupakan anak bungsu dalam buku ini, anak lelaki satu-satunya, Bayek.

Jika kalian semua pernah membaca buku 9 Summers 10 Autumns, maka buku ini adalah kisah kehidupan penulis sebelum ia memiliki kehidupan dan menemukan kesuksesan di New York.

Beruntunglah kalian yang hidup berkecukupan, buku ini membantu kita semua untuk lebih menghargai hidup, lebih menghargai orang tua kita, dan lebih menghargai mimpi yang kita miliki. Berjuang demi keluarga dan berjuang demi mimpi kita.

Judul: Ibuk,
Penulis: Iwan Setyawan
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tebal buku: 293 Halaman

Happy Reading :)

0 comments :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons